11 Februari 2010

Guru Harus Kuasai TI

KUNINGAN-- Kemajuan bidang teknologi dan informasi (TI) semakin pesat. Tak hanya dikuasai orang dewasa, tapi bidang itu juga telah menjadi bagian dari hidup anak-anak sejak tingkat sekolah dasar. Karena itu, penguasaan para guru dalam bidang tersebut mutlak diperlukan.

''Guru harus terus meningkatkan kemampuannya supaya tidak kalah dengan muridnya,'' ujar Bupati Kuningan, Aang Hamid Suganda, saat membuka kegiatan CSR Bagimu Guru Kupersembahkan Angkatan V Tahun Keempat di Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/2). Kegiatan tersebut terwujud berkat kerja sama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan Harian Umum Republika.

Para peserta yang mengikuti kegiatan itu merupakan guru-guru dari berbagai tingkatan di wilayah III Cirebon. Selama dua hari, para guru yang berjumlah 65 orang tersebut akan menerima berbagai materi pelatihan, salah satunya mengenai informasi teknologi.

Menurut Aang, kemajuan teknologi dan informasi telah membuat tantangan yang dihadapi para guru semakin berat. Pasalnya, selain membawa dampak positif, bidang tersebut juga bisa menimbulkan dampak negatif jika tidak digunakan secara positif.
Karena itu, penguasaan para guru dalam bidang tersebut harus luas. Dengan demikian, mereka bisa mengarahkan murid-muridnya dalam memanfaatkan bidang itu.

Aang pun mengaku sangat menyambut baik kegiatan pelatihan guru yang merupakan bagian dari CSR Telkom- Republika . Dia berharap, kegiatan tersebut akan terus dilakukan di masa mendatang sehingga lebih banyak guru yang akan menerima pelatihan itu. ''Dengan adanya pelatihan ini, kualitas guru akan meningkat,'' tutur Aang.

Hal senada diungkapkan AVP External and Community Relation PT Telkom, Dodi M Gozali. Dia menyatakan, peningkatan kualitas guru sangat penting untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan antara guru dan murid.

Melalui pelatihan Bagimu Guru Kupersembahkan, para guru dapat berbagi pengalaman dengan sejumlah pembicara yang dihadirkan dalam kegiatan itu. Diharapkan, hal tersebut akan memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuannya sebagai seorang pendidik. Dodi menambahkan, kegiatan itu juga sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada masyarakat. Keuntungan yang diperoleh PT Telkom dari masyarakat, memang harus dikembalikan ke masyarakat.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan CSR Bagimu Guru Kupersembahkan, yakni internet connection oleh Nurwijayadi (PT Telkom), komunikasi efektif oleh Shahnaz, dan proses kreatif oleh Gilang Ramadhan. Selain itu, penulisan populer oleh Nasihin Masha (wapemred Republika ) dan kepribadian menarik oleh Leila Mona Ganiem. lilis, ed: maghfiroh

0 Comments: