23 Januari 2010

'Guru Memiliki Peluang Kembangkan Diri'

CIKARANG -- Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan, mengatakan, para guru di Indonesia memiliki peluang besar dalam mengembangkan diri. Hal itu tentu saja bisa terjadi jika sang guru memiliki kemauan kuat.
Menurut Zulkifli Hasan, peluang itu terbuka luas pada era sekarang ini. Sebab, sekarang guru telah menjadi profesi. Sekarang guru sudah biasa dengan barang-barang elektronik canggih, seperti laptop. Guru juga sudah terbiasa dengan kegiatan ke luar negeri.

"Dulu mana ada guru yang bawa laptop. Tak hanya itu, dulu guru yang dari Lampung (daerah) yang sudah pergi ke Jakarta saja sudah hebat," katanya dalam pemberian materi motivasi kepada 67 guru yang mengikuti Pelatihan Guru, Bangun Kecerdasan Bangsa 'Bagimu Guru Kupersembahkan, Program Corporate Social Responsibility (CSR) Republika dan Telkom, di Hotel Grand Cikarang, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (23/1).

Terlebih, saat ini guru memiliki waktu luang yang cukup banyak, kata Zulkifli. Ditambah lagi, dengan akses informasi yang terbuka luas. "Peluang banyak, ilmu bisa diakses lewat internet, buku banyak," katanya.

Ia menegaskan, proses pengembangan diri tersebut akan berhasil, jika ada kemauan keras dari guru itu sendiri. "Artinya, guru memiliki peluang besar di samping knowledge-nya. Hambatan itu biasa, guru tidak boleh mengeluh," ujarnya.

Menurut Zulkifli, guru bukan hanya sekadar mengajar, tapi juga harus mendidik para siswanya untuk maju dan mandiri. "Karena keterampilan seorang guru, saya bisa lulus, nilai bagus, bahkan menjadi juara umum," katanya sambil menceritakan perjalanan dirinya di masa sekolah dulu.

Dengan motivasi seorang guru, lanjut Zulkifli, itulah keberhasilan mereka, bukan saja mengajar, tapi juga mendidik. ''Dengan cara mendidik, saya terlatih, saya terbiasa dnegan sistem ajar," katanya.

Untuk itu, imbuh Zulkifli, guru memiliki peluang besar untuk mengembangkan diri, juga mengembangkan murid-muridnya. "Saya tidak percaya guru-guru kalah dengan muridnya. Kalau gurunya mau, bisa lebih baik dari murid. Kita sebagai guru jangan mau ketinggalan dengan murid kita," katanya.

Zulkifli menambahkan, guru juga perlu menguasai teknologi. Terlebih saat ini teknologi sudah murah, untuk membeli satu komputer dengan uang Rp 6 juta bisa membeli satu set komputer. "Pokoknya kalau mau, pasti ada jalan," katanya.

Yang penting, kata Zulkifli, manusia itu kekuatan jiwanya. Manusia itu punya kemampuan luar biasa, juga memiliki jiwa pikiran yang tak terhingga.

"Guru jangan membatas-batasi diri. Jangan takut. Itulah kekuatan semangat, itulah kekuatan jiwa. Bilang sama diri kita, saya bisa. Bisa hebat, bisa maju, bisa kaya. Kalau niat saja tidak ada, bagaimana bisa sampai," tandasnya. n

0 Comments: